cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Education Action Research
ISSN : 25804790     EISSN : 25493272     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes widely available and exemplifying the variety of possible styles of reporting. It aims to establish and maintain a review of the literature of action research. It also provides a forum for dialogue on the methodological and epistemological issues, enabling different approaches to be subjected to critical reflection and analysis.
Arjuna Subject : -
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2021): May 2021" : 18 Documents clear
Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Materi Menulis Teks Cerita Fantasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Narsa, I Ketut
Journal of Education Action Reseach Vol 5, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i2.33269

Abstract

Rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia siswa disebabkan karena penerapan model pembelajaran yang kurang mampu membuat siswa lebih aktif mengikuti kegiatan pembelajaran, sehingga diperlukan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. Adapun tujuan penelitian ini adalah menganalisis penerapan model pembelajaran problem-based learning terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi menulis teks cerita fantasi siswa. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan tes hasil belajar kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini pada siklus I nilai rata-rata menunjukkan 77, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar siswa menunjukkan 82. Simpulan penelitian adalah model pembelajaran problem-based learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini adalah mengajarkan siswa bekerjasama secara kelompok, menggunakan informasi untuk mencoba memecahkan masalah dan siswa dilatih untuk mensintesis pengetahuan serta keterampilan sebelum mereka menerapkannya pada masalah.
Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Membuat Jamu dan Boreh/Lulur Perawatan Badan Dharmayani, Ni Ketut Yuliana
Journal of Education Action Reseach Vol 5, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i2.33375

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan rendahnya keaktifan dan hasil belajar siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Tujuan dari dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran PjBL untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar membuat jamu dan boreh/lulur perawatan badan kelas XI. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI Tata Kecantikan 3 SMK Negeri 2 Singaraja sebanyak 33 siswa. Sedangkan objek penelitian ini adalah peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar membuat jamu dan boreh/lulur perawatan badan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian instrumen penilaian kepada siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar penilaian hasil belajar. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini memperoleh hasil presentase keaktifan belajar siswa sebesar 61,69% pada siklus I, sebesar 81,82% pada siklus II, dan presentase hasil belajar sebesar 79,77% pada siklus, sebesar 82,27% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PjBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar membuat jamu dan boreh/lulur perawatan badan siswa kelas XI. Implikasi penelitian ini adalah memperoleh pengalaman belajar yang berhubungan dengan keterampilan menerapkan metode ilmiah dalam pemecahan masalah dan menumbuhkan pola berfikir kritis bagi siswa.
Peningkatan Hasil Belajar Materi Pecahan dengan Menerapkan Model Problem Based Learning dengan Media Manipulatif Anjani, Norma Dewi; Sulianto, Joko; Untari, Mei Fita Asri
Journal of Education Action Reseach Vol 5, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i2.33136

Abstract

Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang bervariasi menyebabkan pembelajaran menjadi tidak menarik minat belajar siswa dan hasil belajar siswa menjadi rendah, sehingga dibutuhkan model pembelajaran dan media yang dapat menarik minat belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model PBL dengan media manipulatif terhadap hasil belajar pada Materi Pecahan siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah hasil belajar materi pecahan, dan objek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 2 Jono. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis essai. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model PBL dengan media manipulatif terbukti dari hasil evaluasi prasiklus 13,79% meningkat pada siklus I menjadi 62,07%, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 86,21%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran PBL dengan media manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pecahan siswa kelas V sekolah dasar. Implikasi penelitian ini adalah siswa dilibatkan pada kegiatan belajar, siswa dilatih untuk tetap bekerja sama, siswa dapat memperoleh pemecahan maslah, meningkatkan percaya diri, meningkatkan minat pada diskusi dan motivasi pada proses pembelajaran, memberikan kesempatan untuk berkolaborasi serta multisensori dan menimbulkan variasi dalam belajar.
Implementasi Strategi Komunikasi Guru (SKG) dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Sumarni, Ni Nengah
Journal of Education Action Reseach Vol 5, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i2.33338

Abstract

Rendahnya hasil belajar Bahasa Inggris siswa disebabkan penggunaan strategi pembelajaran yang kurang tepat, sehingga diperlukan strategi pembelajaran yang mampu memotivasi siswa untuk belajar dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Strategi Komunikasi Guru (SKG) dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas XI, dan objek penelitian ini adalah kemampuan belajar Bahasa Inggris siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode pemberian tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari jumlah siswa yang tuntas belajar pada pra siklus sebesar 63,9%, siklus I sebesar 88,9%, dan siklus II sebesar 97,2%. Simpulan penelitian ini adalah implementasi Strategi Komunikasi Guru (SKG) dalam pembelajaran terbukti dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa. Implikasi penelitian ini yaitu dengan pengimplementasian Strategi Komunikasi Guru (SKG) dalam pembelajaran dapat membangun suasana pembelajaran yang produktif, kreatif, dan inovatif.
Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Laundry Melalui Pembelajaran Berbasis Project Based Learning (PJBL) Suparni, Nyoman Aris
Journal of Education Action Reseach Vol 5, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i2.33531

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan aktivitas dan hasil belajar laundry melalui pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) pada siswa kelas XII Perhotelan D SMKN 3 Denpasar. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII Perhotelan D SMKN 3 Denpasar dengan melibatkan 35 orang siswa , terdiri dari siswa laki-laki sebanyak 20 orang dan siswa perempuan sebanyak 15 orang. Prosedur penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan 3 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian adalah data aktivitas dan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) pada siswa kelas XII Perhotelan D SMKN 3 Denpasar. Data aktivitas dan hasil belajar siswa dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran laundry melalui pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) terjadi peningkatan secara signifikan pada siklus1, siklus 2 dan siklus 3. Untuk aktivitas siswa pada siklus 1 menunjukkan bawa siswa ada pada kategori cukup aktif. Pada siklus 2 menunjukkan kategori aktif dan siklus 3 menunjukan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa pada pelajaran laundry melalui pembelajaran berbasis project based learning (PjBL) pada siklus 1 menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 42,85%, daya serap 73,86% . Pada siklus 2 menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 71,43%, daya serap 79,29% dan pada siklus 3 menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa sebesar 100%, daya serap 89,14%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran berbasis Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran laundry.
Meningkatkan Hasil Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Menganalisis Kebahasaan Teks Prosedur melalui Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Sudirta, I Wayan
Journal of Education Action Reseach Vol 5, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i2.33313

Abstract

Rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia siswa menjadi permasalahan utama didalam penelitian ini, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat memotivasi siswa untuk belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil pembelajaran bahasa indonesia materi  menganalisis kebahasaan teks prosedur melalui penerapan model pembelajaran  Cooperative Learning siswa kelas XI. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI sebanyak 30 orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pemberian tes hasil belajar kepada siswa secara bertahap yaitu siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian ini berdasarkan penerapan model pembelajaran Cooperative Learning adalah diperoleh nilai rata-rata kelas 77,2, ketuntasan belajar mencapai 83% pada siklus I, dan nilai rata-rata 82, ketuntasan belajar mencapai 100% pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan  model pembelajaran Cooperative Learning   pada mata pelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI.IPS SMA Negeri 1 Negara  tahun pelajaran 2018/2019. Implikasi penelitian ini adalah mestimulus siswa untuk lebih aktif, lebih semangat dalam belajar serta keterlibatan siswa dalam kegiatan belajar mengajar lebih tinggi, siswa akan lebih cepat memahami materi pelajaran yang dibahas pada saat pembelajaran berlangsung dan tentu menyenangkan.
Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Ngadilah, Ngadilah
Journal of Education Action Reseach Vol 5, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i2.33537

Abstract

Kurang aktifnya siswa didalam pembelajaran dibuktikan dengan rendahnya hasil belajar siswa mengenai materi IPS, hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian bertujuan untuk menganalisis aktivitas dan hasil belajar IPS materi sumber daya alam melalui model pembelajaran Direct Instruction pada siswa kelas IV. Penelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah memberikan instrumen tes hasil belajar IPS materi sumber daya alam kepada siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I presentase sebesar 73,45%, pada siklus II sebesar 90,35%, dan presentase ketuntasan belajar mencapai 85,71%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sumber daya alam. Implikasi penelitian ini adalah meningkatkan pengetahuan faktual yang diajarkan secara tahap demi tahap dengan tujuan untuk membantu siswa menguasai pengetahuan prosedural yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai keterampilan kompleks.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Co–Op Co-Op untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Yadnya Secara Online Suartina, Gede
Journal of Education Action Reseach Vol 5, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i2.33144

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang inovatif dapat menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa khususnya materi yadnya. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op untuk meningkatkan prestasi belajar yadnya secara online. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 32 orang siswa, sedangkan objek dari penelitian ini adalah prestasi belajar yadnya. Metode pengumpulan datanya adalah pemberian tes prestasi belajar kepada siswa. Teknik analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pada awalnya diperoleh nilai rata-rata 68,44, pada siklus I menjadi 71,56 dan pada siklus II menjadi 81,09 dan ketuntasan belajar pada awalnya dengan ketuntasan 59,38%, pada siklus I menjadi 68,75% dan pada siklus II menjadi 96,88%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah model pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op dapat meningkatkan prestasi belajar yadnya secara online. Implikasi penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Co-Op Co-Op dapat melatih siswa agar aktif, antusias didalam pembelajaran dan dapat memahami materi yang diajarkan sehingga prestasi belajar siswa menjadi meningkat.
Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle “5E” untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Komunikasi Industri Pariwisata Aryantini, Ni Putu
Journal of Education Action Reseach Vol 5, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i2.33339

Abstract

Rendahnya motivasi dan prestasi belajar siswa mengenai Komunikasi Insdustri Pariwisata dikarenakan kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Learning Cycle “5E” terhadap motivasi dan prestasi belajar Komunikasi Industri Pariwisata. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah motivasi dan prestasi belajar Komunikasi Industri Pariwisata, dan objek penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 40 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah data motivasi belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar angket/kuisioner, dan data prestasi belajar siswa diperoleh dengan menggunakan nilai tes prestasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data statistik Kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat sebesar 6,88 dari rata-rata 41,35 pada siklus I, menjadi 48,23 pada siklus II  dan prestasi belajar siswa meningkat sebesar 0,74 dari rata-rata 7,25 pada siklus I menjadi 7,99 pada siklus II. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Learning Cycle “5E” dalam pembelajaran Komunikasi Industri Pariwisata dapat meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Komunikasi Industri Pariwisata. Implikasi penelitian ini adalah pembelajaran menjadi berpusat pada siswa, pembelajaran menjadi lebih bermakna tidak menghafal, dan membentuk siswa yang aktif, kritis, serta kreatif.
Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fisika Materi Gerak Melingkar Mardiana, Neneng Leni
Journal of Education Action Reseach Vol 5, No 2 (2021): May 2021
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jear.v5i2.33315

Abstract

Kurangnya daya tangkap dan kemampuan siswa dalam memaknai konsep materi fisika berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang tidak sesuai, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran fisika dengan materi gerak melingkar bagi siswa kelas X. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah hasil belajar mata pelajaran fisika materi gerak melingkar pada siswa kelas X sebanyak 30 orang. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan memberikan Instrumen tes uji kompetensi kepada siswa. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini diperoleh bahwa penerapan model Discovery Learning dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 36,6%  pada prasiklus, 73 % pada siklus I, dan 100 % pada siklus II. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Discovery Learning dinyatakan optimal dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran fisika materi gerak melingkar. Implikasi penelitian ini adalah dapat mengembangkan pengetahuan prosedural, secara terstruktur dengan baik, dan dapat menanamkan nilai karakter yaitu mandiri serta bertanggungjawab.

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 7 No 3 (2023): August 2023 Vol 7 No 2 (2023): May 2023 Vol 7 No 1 (2023): February 2023 Vol 6 No 4 (2022): November 2022 Vol 6 No 3 (2022): August 2022 Vol 6 No 2 (2022): May 2022 Vol 6, No 1 (2022): February 2022 Vol 6 No 1 (2022): February 2022 Vol 5, No 4 (2021): November 2021 Vol 5 No 4 (2021): November 2021 Vol 5, No 3 (2021): August 2021 Vol 5 No 3 (2021): August 2021 Vol 5 No 2 (2021): May 2021 Vol 5, No 2 (2021): May 2021 Vol 5, No 1 (2021): February 2021 Vol 5 No 1 (2021): February 2021 Vol 4, No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4 No 4 (2020): NOVEMBER 2020 Vol 4 No 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 3 (2020): August 2020 Vol 4, No 2 (2020): May 2020 Vol 4 No 2 (2020): May 2020 Vol 4, No 1 (2020): February 2020 Vol 4 No 1 (2020): February 2020 Vol 4, No 2 (2020) Vol 4, No 1 (2020) Vol 3, No 4 (2019): November 2019 Vol 3 No 4 (2019): November 2019 Vol 3 No 3 (2019): August 2019 Vol 3, No 3 (2019): August 2019 Vol 3 No 2 (2019): May 2019 Vol 3 No 1 (2019): February 2019 Vol 3, No 3 (2019) Vol 3, No 2 (2019) Vol 3, No 1 (2019) Vol 2 No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 4 (2018): November 2018 Vol 2, No 3 (2018): August 2018 Vol 2 No 3 (2018): August 2018 Vol 2 No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 2 (2018): May 2018 Vol 2, No 1 (2018): February 2018 Vol 2 No 1 (2018): February 2018 Vol 1, No 3 (2017): November 2017 Vol 1 No 3 (2017): November 2017 Vol 1, No 2 (2017): August 2017 Vol 1 No 2 (2017): August 2017 Vol 1, No 1 (2017): May 2017 Vol 1 No 1 (2017): May 2017 More Issue